Berbagai Manfaat Sayur Adas Untuk Kesehatan

Budaya makan sayur telah ada sejak jaman dahulu, justru jauh sebelum ada Ilmu Gizi yang memberitahukan dengan tegas akan manfaat sayur adas bagi kesehatan. Menurut banyak referensi, manusia purba ternyata lebih banyak makan sayuran daripada daging, sebab memang itu makanan yang berlimpah tersedia di sekeliling tempat tinggal mereka. Seiring dengan meningkatnya peradaban, budaya bertani pun akhirnya dikembangkan.

Kita ketahui sayur mayur memang memiliki banyak mineral, serat dan vitamin, yang semuanya diperlukan untuk pola hidup sehat. Studi para ahli juga menunjukkan, bahwa semakin banyak makan sayur-sayuran, maka semakin besar potensi tubuh kita untuk menangkal penyakit.

Makan sayuran adalah suatu keharusan bagi yang mengetahui akan pentingnya kesehatan, karena tidak semua sumber gizi yang diperlukan oleh tubuh kita terdapat pada bahan hewani. Akan tetapi Anda juga masih perlu untuk mengonsumsi produk pangan hewani dengan alasan yang sama. Tubuh juga membutuhkan banyak protein dan asam lemak, dan hal ini bisa ditemukan pada produk pangan hewani. Bagaimanapun, tubuh kita memerlukan keseimbangan supaya bisa melaksanakan fungsinya dengan lancar tanpa masalah.

Seberapa penting manfaat sayur adas untuk kesehatan tubuh kita?

Ada banyak manfaatnya apabila Anda melengkapi pola diet sehat Anda dengan lebih banyak sayur-sayuran dan buah-buahan. Berikut alasan bahwa makan sayur mayur itu sangat penting:

1. Bergizi tinggi tapi rendah lemak
Sayuran dan buah-buahan sama saja, keduanya rendah lemak namun memiliki jumlah mineral dan vitamin yang tinggi. Semua jenis sayur, seperti sayur berdaun hijau dan orange merupakan sumber yang kaya kalsium, magnesium, kalium, zat besi, beta– karoten, vitamin B– kompleks, vitamin C, vitamin A, dan vitamin K.

2. Sayur sebagai sumber antioksidan
Sama halnya dengan buah-buahan, sayuran juga merupakan sumber antioksidan. Zat antioksidan merupakan zat yang memiliki peran penting untuk membantu menjaga tubuh Anda dari serangan penyakit, mengurangi resiko kanker, dan menyingkirkan oksidan.

Zat oksidan, atau juga sering disebut dengan radikal bebas, yaitu molekul yang beracun dan merusak bio molekul dalam sel. Karena bersifat merusak atau mengoksidasi bio molekul sehat dalam sel, maka oksidan yang tidak tertanggulangi ini dapat mengakibatkan penyakit berat seperti kanker dan jantung.

Baca juga  Peluang Bisnis Roti O yang Menjanjikan
Oksidan atau radikal bebas akan terus menjadi banyak, oleh faktor lingkungan yang tinggi polutan. Dengan demikian, maka tubuh kita memerlukan zat yang bisa bersifat antioksidan, yaitu sebagai tandingan untuk mencegah zat pemusnah yang bernama oksidan.

Jadi pentingnya buah-buahan dan sayuran ini karena keduanya merupakan menu makanan yang banyak mengandung antioksidan yang akan membuat kita terhindar dari penyakit.

2. Sumber Serat Tinggi
Sayur mayur memiliki banyak kandungan serat yang larut dan serat tidak larut. Zat yang disebut dengan serat ini berfungsi untuk menyerap kandungan air berlebih dalam usus besar, mempertahankan kelembaban didalam kotoran, dan membantu mengeluarkan feses dari tubuh.

3. Mencegah Kita Dari Kegemukan
Mayoritas jenis sayur mayur yang ada adalah sangat rendah lemak dan kalori. Beberapa contoh sayuran yang memiliki kalori rendah kurang dari 20 per 100 g, adalah seperti blonceng, pare, kubis, bayam, labu, sawi, terong, dll.

Hasil eksperimen menyatakan bahwa makan-makanan yang rendah kalori tapi kaya nutrisi bisa membantu tubuh selalu sehat dan bebas penyakit. Jadi lebih banyak mengonsumsi sayur mayur akan membuat Anda tetap fit, sekaligus mencegah dari obesitas.

4. Membuat Sehat, Cantik dan Terlihat Lebih Muda
Diet dengan sayuran tidak saja akan membuat Anda lebih baik, juga akan membuat Anda lebih fit. Suplemen yang ada di pasaran tidak akan melampaui manfaat vitamin dari sumber alami.

Sumber : https://ramesia.com/manfaat-sayur-adas/

Bisnis Es Batu Polar dengan Profit Besar

Pada dasarmya es batu hanyalah air yang didinginkan hingga di bawah nol derajat celicus, hingga air kemudian menjadi beku dan menjadi es. Es batu bisa terjadi secara alami ataupun buatan. Meskipun namanya adalah es batu, tetapi es batu tak ada hubungannya dengan batu.

Seringkali es kering disandingkan dengan es batu. Dalam bahasa inggris juga keduanya cuma dibedakan dengan kata “dry”, di mana satu dinamai ice, satunya lagi dinamai dry ice. Memang kedua es itu memiliki kesamaan tujuan yaitu mendinginkan, tetapi cara dan zat pembentukannya berbeda. Es batu terbuat dengan air biasa atau H2O yang didinginkan. Di sisi lain dry ice atau es kering adalah karbondioksida atau CO2 yang dijadikan berbentuk padat.

Sekarang, dengan adanya teknologi freezer, penciptaan es batu di zaman ini gampang. Tugas Kita tinggal hanya menaruh air bersih di freezer & menunggunya beku. Tekonologi freezer pun pada saat ini bervariasi, mulai dari freezer yang berukuran kecil untuk kebutuhan pribadi, hingga yang besar untuk keperluan pelaku usaha.

Keperluan Individual dan Industri akan Bisnis Es Batu
Sekarang ini es batu telah hampir menjadi kebutuhan primer. Baik itu berupa kebutuhan bagi pribadi ataupun pasar. Bagi individu, es batu dibutuhkan dengan tujuan membuat minuman atau mendinginkan makanan. Di sisi lain bagi pasar atau industri, es batu digunakan bertujuan menciptakan produk atau mengawetkan produk. Misalnya seperti es batu menjadi pendingin untuk minuman es sampai dijadikan bahan pengawet untuk ikan yang dikirim dalam box kontainer.

Kesempatan Bisnis Es Batu
Bisa jadi tidak banyak yang tahu, bahwa sebenarnya lumayan banyak permintaan es batu di pasar. Memang, jika cuma melihat bisnis “jual es batu” rumahan yang biasanya terdapat di rumah-rumah atau pinggir jalan, tak terlihat bahwa bisnis tersebut lumayan menguntungkan. Akan tetapi yang patut kita perlu untuk ketahui adalah bisnis es batu tidak cuma terdapat di “jual es batu” pinggiran atau rumahan itu, tetapi ada yang lainnya.

Baca juga  Usaha Etalase Jualan Kue yang Menjanjikan
Di rumah makan atau restoran misalkan kita ambil contoh. Restoran membutuhkan es batu untuk mendinginkan minuman atau makanan. Di samping itu restoran juga menggunakan es batu untuk menjaga suhu dingin bahan makanan seperti Ikan. Yang mana tujuan ikan itu didinginkan sebelum dimasak adalah agar ikan tetap segar.

Selain restoran kita bisa mengambil contoh di industri perikanan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Ikan harus lah tetap segar hingga terjual kepada pembeli supaya terjaga kualitasnya. Tidak jarang ini menjadi masalah karena ketika proses pengiriman, kesegaran ikan hilang atau berkurang karena suhu. Oleh karena itu Ikan harus dipelihara agar tetap dingin, segar, dan lembap ketika proses pengiriman. Salah satu cara untuk melakukan penjagaan itu adalah dengan memasukannya dalam wadah tertutup atau box yang memiliki suhu dingin. Dan cara untuk mendinginkan suhu di box atau wadah tersebut adalah dengan memberinya es batu.

Sehingga keperluan pasar terhadap es batu tidak bisa dibilang kecil. Maka harus ada yang mengisi kebutuhan sekaligus peluang bisnis es batu ini.

Ruth Harso, owner Ice Cube Crystal bisa memproduksi kurang lebih 10 ton es batu kristal per hari. Es tersebut ia beri harga seharga 1400/kg es batu kristal. Dari sales dengan harga itu ia dapat mendapat profit sampai lima puluh persen.

Ahmad Zalu Wibowo di Cijantung, Jakarta juga menjalani bisnis es batu kristal. Beliau memproduksi 4 ton es batu kristal per hari. Es batu itu dia jual dengan harga 1200 per kilogramnya. Dari penjualan tersebut ia meraup profit sampai 20%.

Ahmad berkata bahwa pengguna es batu kristal tak hanya terbatas pada restoran dan rumah makan saja. Pemesanan es batu dapat muncul dari pagelaran event-event, misalnya seperti Java Jazz. Event-event seperti Java Jazz dapat memerlukan es batu sampai 10 ton per hari.
Di 2 contoh keberhasilan bisnis es batu di atas yang kami bahas dari peluangusaha.kontan.co.id, dapat kita simpulkan bahwa bisnis es batu memiliki peluang profit yang cukup besar.

Baca juga  Inilah Peluang Menjanjikan Dari Usaha Agen Minuman Kemasan
Kebutuhan dalam Memulai Bisnis Es Batu
Tempat
Modal yang pertama-tama wajib kita siapkan adalah modal tempat. Meskipun barang es batu ini tidak terlalu begitu, tetapi bila kita sudah bermain di tahap “ton-ton-an” pasti harus memiliki tempat yang besarnya mencukupi. Bahkan di samping bangunan yang memadai, kita juga memerlukan bangunan yang terjaga suhunya dan bersih. Tentu kalau tempat kotor akan memunculkan risiko kotornya es batu. Dan tentu kalau tempatnya mudah panas akan menjadikan es tak tahan lama.

Di bangunan itu kita akan melaksanakan proses penciptaan es batu dengan bantuan mesin dan alat yang kita telah siapkan. Selain itu, kita juga membutuhkan tempat itu sebagai tempat penyimpanan sementara sebelum es batu dikirimkan ke pelanggan.

Alat Pembuat Es Batu
Untuk membuat es batu dalam kuantitas besar sudah pasti kita memerlukan freezer khusus atau alat pembuat es batu.

Kita lihat contoh Ahmad di pembahasan sebelumnya. Dia memakai 200 juta untuk mendapatkan 3 unit mesin pembuat es dan pemasangannya. Sedangkan bangunan seluas 200 meter persegi telah ia punyai sebelumnya. Alat yang ia dapat dari Jepang itu bisa menghasilkan dua ratus kg es kristal dalam waktu 4 jam.

Jika tertarik mesin penghasil es batu yang lebih ekonomis bisa didapatkan di ramesia mesin.

Pengiriman
Kita juga harus menyiapkan segala yang dibutuhkan untuk pengiriman, seperti misalnya packing dan kendaraan. Yang harus diperhatikan dari packaging ini adalah kapasitas untuk memelihara kehigienisan dan suhu dinginnya. Sedangkan yang harus diperhatikan dari kendaraan pengiriman adalah bahwa kendaraan tersebut patut dapat membawa dan menampung es hingga kuantitas ton.'

No comments:

Post a Comment

Berbagai Manfaat Sayur Adas Untuk Kesehatan

Budaya makan sayur telah ada sejak jaman dahulu, justru jauh sebelum ada Ilmu Gizi yang memberitahukan dengan tegas akan manfaat sayur adas ...