Manfaat-manfaat Ikan Gobi untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Bagi Tubuh Manusia
Siapa yang belum tahu ikan?
Ikan merupakan salah satu protein hewani yang sangat baik bagi kesehatan. Manfaat ikan ada banyak sekali yang bisa di dapatkan apabila mengonsumsi secara terus menerus. Seperti apapun jenis ikannya, karena lemak yang terdapat didalam ikan merupakan lemak tak jenuh, hal tersebut membuatnya mudah untuk bisa diserap oleh tubuh dengan baik.

Kandungan Nutrisi Ikan
Omega-3, asam lemak, vitamin: D dan B2 (riboflavin), kalsium, fosfor dan Mineral: seng, zat besi, magnesium, yodium, dan kalium.
Artikel kali ini akan memberitahu Anda luar biasanya manfaat ikan bagi kesehatan tubuh manusia.

Di bawah ini adalah Ulasan Tentang manfaat dari mengkonsumsi ikan bagi tubuh:

1. Cegah Timbulnya Sakit Jantung

Kegunaan yang paling utama dari konsumsi ikan adalah mencegah terjadinya sakit jantung. Berdasarkan dari sebuah pemeriksaan, suku bangsa Eskimo yang tinggal di Greenland mempunyai prevalensi dari pengidap sakit jantung yang amat rendah. Hal yang sama pula terjadi di Jepang, disana langka sekali didapati orang yang mempunyai penyakit jantung koroner. Apakah yang mengakibatkan semua itu terjadi? Ternyata sangat mudah, yakni orang Jepang maupun orang Eskimo amat suka mengonsumsi ikan.

Mereka biasa memakan ikan saat kondisi belum dimasak (mentah), atau lebih sering disebut sashimi.

Sashimi merupakan makanan yang mempunyai banyak protein ikan. Orang Jepang sering memakan makanan tersebut, dengan komposisi utama ikan segar dalam kondisi mentah. Pada umumnya, orang Jepang dan orang Eskimo senang mengonsumsi ikan dengan jumlah besar, sehingga kesempatang untuk menderita penyakit kardiovaskuler maupun penyakit jantung dapat lebih ditekan, terlebih untuk penderita sakit jantung koroner. Dalam sehari, orang Eskimo mengonsumsi ikan sekitar 300 ¬ -400 gram dan orang Jepang biasa mengonsumsi 100-200 gram ikan dalam sehari-harinya.

2. Makanan Pendamping Nasi Terbaik

Jika sedang malas harus makan malam dengan lauk yang setiap hari sama, dapat mencoba untuk mulai mencoba ikan sebagai daftar menu pendamping nasi yang memanjakan lidah. Ikan merupakan sumber protein hewani yang mempunyai banyak sekali keunggulan, di antaranya adalah: kaya akan protein, vitamin, mineral dan berkalori rendah. Ikan sangat bagus bagi yang berkeinginan merawat kesehatan pencernaan selain dari apa yang kita dapat dari manfaat daun-daunan. Banyaknya gizi yang terdapat pada ikan juga cukup baik untuk tubuh, seperti asam amino esensiil dan juga non esensiil.
Disamping itu, Ikan pun memiliki daya absorpsi yang cukup tinggi yaitu 90-100 persen.
Tidak hanya itu, Ikan juga gampang untuk diolah baik itu dikukus, direbus, atau digoreng yang lebih sehat.

Baca juga  Kunci Sukses Seorang Pemula dalam Bisnis Makanan kemasan unik
3. Pencegahan Penyakit Kolesterol

Seseorang yang cepat terkena sakit jantung koroner adalah manusia yang mempunyai kadar kolesterol lebih dari 300 mg/dl. Tapi, bahaya dari penyakit kolesterol tidak akan terwujud apabila sering makan ikan.

Hal tersebut karena pada setiap tubuh ikan memiliki kandungan minyak ikan yang sangat tinggi.

Kegunaan minyak ikan (cold liver) yang berada pada tubuh ikan, mengandung asam lemak tak jenuh yang bagus untuk kesehatan jantung yaitu asam lemak omega.

4. Memfasilitasi Program Diet Sehat

Apabila sedang menjalani program diet, mengonsumsi ikan merupakan alternatif yang pas bagi Anda. Ikan kaya akan mineral, vitamin dan nutrisi. Bagi yang senang memakan nya kebanyakan akan jarang memakan makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti halnya yang terdapat pada daging atau keju.

Sumber : https://ramesia.com/manfaat-ikan-gobi/

Memulai Usaha Bisnis Abon Bayi

Bisnis usaha rumahan abon ikan sebenarnya tidak semarak abon daging. Tapi rasa dan bau khusus yang nikmat dari abon ikan membuat abon ini justru memiliki kelezatan tersendiri di bandingkan abon daging. Apalagi teksturnya yang lebih halus memberi rasa khas di lidah peminatnya.

Selain itu, abon ikan mengandung banyak vitamin ikan yang jauh lebih aman dan sehat dibandingkan abon daging yang masih mengandung banyak kolesterol dari daging sapi. Dan satu catatan pentingnya ialah abon ikan ini juga lebih gampang Anda jadikan bisnis usaha rumahan.

Anda mampu merintis bisnis usaha rumahan dengan membuat abon ikan secara home industry dengan bermodal dagangan ikan yang setidaknya mudah Anda akses di sekitar Anda. Dengan fokus pada jenis ikan yang mudah Anda akses, maka meringankan Anda menghasilkan produk sesuai tujuan, karena Anda tidak lagi harus susah payah untuk mendapatkan bahan baku.

Ada banyak opsi jenis ikan yang layak untuk menjadi bahan baku abon, seperti ikan lele dan patin, ikan gurame, ikan gabus atau justru ikan laut seperti ikan tuna, tenggiri, kerapu atau tongkol. Berdasarkan banyak juru masakan, ikan yang baik menjadi bahan baku abon ikan adalah ikan yang sudah cukup berumur , karena dagingnya lebih kenyal sehingga seratnya masih terasa ketika Anda masak menjadi abon. Ikan kecil atau muda dagingnya sangat halus dan dapat lumer apabila Anda goreng menjadi abon.

Untuk metode produksi bisnis usaha rumahan ini tergolong ringan. Ikan berkriteria besar dibersihkan, kemudian dikuliti dan dicabut duri serta organ-organ dalam perutnya terus diolah dan dicampur dengan bumbu-bumbu. Setelah didiamkan sekitar 1 jam supaya bumbu melekat, adonan daging ikan yang sudah diolah tadi Anda goreng hingga menguning dan berbau sedap, angkat sebelum menjadi coklat dan gosong. Jumlah untuk sekali olahan diperlukan waktu memasak sekitar kurang lebih 2-3 jam saja, terbilang gampang dan cepat kan?

Sangat tepat untuk para ibu rumah tangga yang sudah pusing dengan tugas-tugas rumah tangga mereka. Mengembangkan bisnis usaha rumahan produksi abon ikan ini hanya menyita waktu yang tidak banyak, sehingga tidak akan banyak mengubah ritme kerja Anda sebagai ibu rumah tangga.

Baca juga  Cara Membuat Capcay Jogja
Malah untuk sebuah usaha kelas rumahan, Anda sangup mengembangkan bisnis abon ikan ini dari skala yang kecil terlebih dulu. Eksploitasikan perlengkapan dapur yang Anda miliki dan belilah paling tidak 5 kg ikan selaras dengan jenis yang bakal Anda hasilkan secara biasa. Dari 5 kg daging ikan segar, kebanyakan mampu memproduksi setidaknya kg abon ikan matang siap jual. Kapasitas ini cukup layak untuk memulai sebuah bisnis usaha rumahan skala kecil.

Kemudian apa paparan harapan dari bisnis usaha rumahan ini?
Anda dapat menilik sebagian pelaku usaha sejenis dari berbagai penjuru kalangan. Di kota pelajar Yogyakarta terdapat sebuah usaha bisnis abon ikan berbahan dasar lele di kawasan Minomartani Yogyakarta. Dari kemampuan menghasilkan produk skala kecil 3 -5 kg ikan mentah perhari, kini dalam satu hari produsennya mesti bekerja keras menyiapkan 35 kg ikan lele fresh.

Cerita seirama diungkapkan oleh seorang produsen usaha abon ikan di Cilacap. Menggunakan bahan baku ikan tongkol yang gampang di peroleh di para nelayan dengan harga miring, Dari persediaan dana hanya sekitar 4 juta untuk bahan baku dan perlengkapan termasuk wajan penggorengan yang cukup besar, kompor gas dan alat spinning minyak goreng, saat ini setiap hari pemiliknya mengaku dapat memperoleh untung tidak kurang dari 40 juta perhari dengan prosentasi keuntungan sekitar 20 -30 %.

Menurut kedua pelaku bisnis tadi, mereka juga mengiyakan meski pertama kali memulai tidak mudah, tampaknya dengan pemasaran yang tepat, mereka berhasil menjual hasil produksi abon ikannya dengan cepat dan mudah. Bahkan dagangan mereka mampu meningkat terus menerus.

No comments:

Post a Comment

Berbagai Manfaat Sayur Adas Untuk Kesehatan

Budaya makan sayur telah ada sejak jaman dahulu, justru jauh sebelum ada Ilmu Gizi yang memberitahukan dengan tegas akan manfaat sayur adas ...