Peluang, Tips dan Cara Menjalankan Usaha Es Buah dan Jus

a. Produk
Buah-buahan yang biasa diolah untuk membuat es buah adalah kelapa muda, melon, nangka, blewah, alpukat, strawberi dan buah mangga. Bahan tambahannya bisa memakai agar-agar, rumput laut, dan kolang-kaling. Gunakan aneka buah dan bahan tambahan yang bermutu dan masih segar. Sedangkan jus biasanya menggunakan buah-buahan yang nantinya di blender dan diberi es, seperti buah jambu, pisang, semangka, jeruk dan lain-lain.

Berbagai bahan es buah dan jus banyak tersedia di pasar tradisional maupun di supermarket. Bahan buah juga bisa diperoleh langsung dari petani buah. Selain harga lebih terjangkau serta kualitas lebih baik.

b. Tempat
Dalam menentukan tempat usahakan cari lokasi yang ramai, misalnya di tepi jalan, berdekatan dengan perumahan, kantor-kantor, sekolah atau universitas. Pastikan lokasi berjualan berada pada lokasi yang gampang ditemukan dan sering dilewati orang-orang.

Bisnis es buah bisa dilakukan sendiri. Namun, apabila jumlah pelanggan meningkat, pemilik bisa mempekerjakan 1-2 pekerja.

Tips Sukses Usaha Es Buah dan Jus
1. Buat Data Cash Flow
Data keuangan bisa digunakan untuk mengetahui berapa jumlah modal yang digunakan, biaya operasional sehari-hari yang dikeluarkan, dan laba yang diperoleh. Selain itu juga, data keuangan juga bisa dipakai Untuk pengajuan peminjaman modal, data keuangan juga bisa menjadi penentu diterima atau ditolaknya permohonan tersebut. Data tersebut bisa menjadi jaminan.

2. Menentukan Harga Jual
Pastikan bahwa harga jual tidak jauh beda dengan penjual es buah dan jus yang ada di sekitar. Hampir semua bisnis ini memiliki cukup banyak pesaing. Oleh sebab itu harga menjadi salah satu faktor terpenting untuk dapat mengalahkan kompetitor.

Baca juga  Usaha Sampingan Modal Kecil yang Cocok untuk Tambahan Uang Jajan Anak SMA
3. Pengelolaan Karyawan Dengan Benar
Sesuaikan jumlah karyawan dengan kebutuhan usaha yang Anda jalankan, karena jika terlalu banyak pekerja menjadikan tidak efektif. Menambah jumlah karyawan ketika bisnis Anda telah menjadi besar.

Gaji pekerja sebaiknya dicocokan dengan kemajuan usaha. Kenaikan gaji dan penambahan bonus disesuaikan dengan peningkatan omzet.

4. Menabung Untuk Meningkatkan Bisnis
Laba yang diperoleh wajib disisihkan, antara lain untuk menyiapkan pengganti peralatan bisnis yang telah rusak ataupun yang sudah menurun kegunaannya dan untuk pengembangan bisnis.

5. Membuat Rasa yang Unik
Biasanya tempat bisnis dikenal karena memiliki menu atau cita rasa yang beda dari yang lainya.

6. Berikan Service yang Professional
Meski hanya usaha sederhana, layanan harus tetap professional. Mendahulukan pelanggan yang datang lebih awal, dan selalu bersikap baik kepada pembeli merupakan salah satu contoh pelayanan yang profesional serta menyenangkan pembeli.

7. Membuka Cabang Bisnis
Membuat cabang memiliki beberapa keuntungan. Antara lain produk yang dijajakan dan brand bisnis menjadi lebih familiar di masyarakat. Membuka cabang tidak harus memakai modal sendiri. Dapat menggunakan sistem bagi hasil menggunakan modal tambahan dari investor atau memakai sistem waralaba merupakan cara untuk mempercepat pertumbuhan usaha.

8. Menjaga Kebersihan dan Kerapihan
Memperhatikan kebersihan menjadi aspek yang cukup penting untuk bisnis Anda. Kebersihan yaitu meliputi kebersihan tempat, perlengkapan, dan minuman.

9. Kerja Keras, Cerdas, dan Kreatif
Tidak ada jalan lain untuk dapat mewujudkan mimpi untuk bisa mempunyai bisnis yang maju, selain dari memulainya untuk bekerja keras serta kerja cerdas untuk dapat membuatnya lebih berkembang.

Inovasi harus selalu dikembangkan untuk membuat hal-hal baru pada bisnis yang sedang dijalankan. Seluruh aspek usaha mulai dari produk usaha, pelayanan, harga, sampai teknik penanganan karyawan terus dikembangkan hingga didapatkan yang terbaik.

Sumber : https://ramesia.com/usaha-es-buah-dan-jus/
https://ramesia.com/

Prospek Cerah Usaha Kuliner Snack

Mayoritas orang menyepelekan usaha kuliner snack dan menganggapnya sebagai bisnis di bidang makanan yang mempunyai laba terlalu sedikit dan tidak menjanjikan. Pendapat seperti itu salah besar, karena usaha kuliner snack merupakan peluang bisnis rumahan yang sangat memiliki potensi apabila dikelola dengan bagus dan benar.

Peluang usaha kuliner snack merupakan peluang usaha yang memiliki potensi sebab usaha dalam bidang ini amat bagus dan ketertarikan masyarakat akan snack sangat besar sehingga banyak pengusaha yang menjalankan bisnis ini.

Snack merupakan teman bersantai dan suguhan bagi para tamu yang bertamu ke rumah Anda, sebab snack ini mempunyai sifat tidak mudah mengenyangkan perut sehingga sungguh cocok sebagai hidangan ketika bersantai bersama keluarga, sahabat, atau bahkan sendiripun juga enak rasanya.

Lokasi yang strategis.
Seenak apapun snack yang Anda jual, kalau hanya segelintir orang yang mengetahuinya maka akan sangat sulit untuk menjualnya. Karena itu faktor tempat sangat harus Anda pertimbangkan sebelum memulai usaha ini, terutama bila Anda masih benar-benar baru dan belum mempunyai pengalaman sama sekali.

Sebelum memulai usaha apapun, alangkah baiknya bila Anda melakukan survei lokasi lebih dulu yang kira-kira bisa menjadi lokasi yang pas buat barang dagangan Anda.

Kreatifitas.
Umumnya sudah banyak yang menggeluti usaha kuliner snack, jadi jika Anda hanya menjual produk yang sama, tanpa melakukan berbagai kreatifitas bisa jadi Anda akan susah bersaing dengan pebisnis lainnya. Untuk itu ciptakanlah kreatifitas yang unik seperti menciptakan berbagai macam rasa, membuat kemasan-kemasan yang sedang naik daun, menciptakan bentuk yang menarik dan sebagainya.

Tempat jualan yang nyaman dan menarik.
Suasana yang nyaman dan bersih akan membuat para customer Anda betah berlama-lama dan bukan tidak mungkin mereka akan balik lagi karena merasa ada tempat nangkring yang bagus.

Sebab kebanyakan dari mereka lebih mengutamakan tempat yang bersih dan nyaman untuk membeli sesuatu. Oleh sebab itu, pastikan tempat jualan Anda bersih, bagus dan menarik serta tertata rapi, sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelanggan Anda.

Harga lebih terjangkau daripada di tempat lain.
Baca juga  Contoh Usaha Minuman Kemasan yang Laku Keras dan Diburu Pembeli
Untuk Anda para pengusaha yang baru memulai usaha ini, janganlah ragu untuk memberikan harga promosi dan lebih murah dibandingkan tempat lainnya, yang terpenting Anda masih dapat hasil meskipun sedikit.

Ini trik agar produk dan tempat jualan Anda lebih diingat dan bisa direferensikan oleh pelanggan Anda kepada teman-temannya karena harga yang lebih terjangkau dan tempat yang nyaman. Setelah berjalan cukup lancar dan mempunyai banyak konsumen tetap, barulah sedikit demi sedikit Anda mulai memberlakukan harga normal, namun tetap menjaga kualitas tentunya.

Pelayanan yang memuaskan.
Pembeli adalah raja, itu adalah hukum tetap dalam ilmu ekonomi bila Anda ingin sukses dalam menjalankan suatu bisnis. Servis yang memuaskan, akan memberikan kesan yang positif pada pembeli dan merekapun tidak akan segan untuk kembali lagi bila mereka mau membeli snack. Jangan sampai meninggalkan citra yang buruk dan tidak baik di mata customer yang bisa membuatnya segan untuk datang lagi.


No comments:

Post a Comment

Berbagai Manfaat Sayur Adas Untuk Kesehatan

Budaya makan sayur telah ada sejak jaman dahulu, justru jauh sebelum ada Ilmu Gizi yang memberitahukan dengan tegas akan manfaat sayur adas ...