Analisa Peluang Bisnis Restoran Ikan Bakar di Indonesia

Membuka usaha tentunya perlu sesuai dengan minat Anda. Dengan mempunyai bisnis yang Anda sukai maka Anda akan merasa senang dalam menjalankannya, sehingga membuat Anda menjadi tidak terlalu berat, mengapa? karena bisnis yang Anda jalankan merupakan salah satu pekerjaan yang sangat menyenangkan.

Apabila Anda memiliki hobi dalam dunia memasak, maka hal tersebut dapat saja Anda kembangkan menjadi kegemaran yang menghasilkan rupiah. Entah itu penghasilan kecil yang bisa menolong ekonomi Anda dalam bentuk kebutuhan utama atau bahkan dengan penghasilan besar yang dapat mencukupi segala kebutuhan sekunder seperti, motor, mobil dan lain-lain. Dan salah satu usaha yang dapat memanfaatkan hobi Anda adalah membuka usaha restoran atau rumah makan.

Bisnis restoran atau rumah makan memang menguntungkan dan menjanjikan, karena setiap manusia pasti memerlukan makanan bukan? jadi dapat Anda bayangkan sendiri jika masakan yang Anda jual di sukai oleh pembeli Anda.

Tantangan dalam bisnis restoran atau rumah makan adalah bagaimana caranya masakan yang Anda tawarkan dapat laku dan disukai oleh pelanggan. Nah, disinilah Anda harus memutar otak untuk mengembangkan suatu ide dan juga memerlukan kreatifitas yang tinggi agar usaha restoran atau rumah makan yang Anda jalankan menjadi restoran yang terunik dan yang paling terkenal di wilayah Anda.

Saat ini banyak restoran atau rumah makan yang bermunculan di Indonesia, dari yang baru skala kecil hingga yang berskala besar. Banyak restoran yang dibuka di daerah tertentu sampai mencapai kesuksesan, seperti membuka restoran di daerah Surabaya. Ada juga restoran yang sukses dan berkembang yang didirikan oleh artis atau tokoh ternama di Indonesia, contohnya seperti restoran Vidi Aldiano.

Bisnis restoran pun dapat meraih keberhasilan karena menu yang dijual sesuai dengan target pasarnya, yaitu orang yang menyukai menu makanan tersebut, semisal restoran ikan bakar.

Bisnis restoran atau rumah makan, saat ini terasa semakin berkembang dalam dunia perdagangan. Setiap manusia butuh makan, maka tidak heran, bila bisnis restoran atau rumah makan selalu tak ada habisnya. Karena untuk mencukupi kebutuhan primer setiap orang. Akan tetapi, untuk mengawali dan mengelola restoran juga tidak boleh asal-asalan karena bisa-bisa akan berhenti di tengah jalan.

Baca juga  Cara Mudah Membuat Bakso Ikan Lele di Rumah
Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai dan sukses dalam usaha restoran ikan bakar.

1. Menu Masakan
Menu makanan adalah salah satu yang faktor paling penting dalam suatu usaha restoran, sebab menu ini yang akan menentukan berhasil tidaknya suatu bisnis restoran. Jadi jika Anda ingin membuka sebuah usaha restoran, maka lebih baik Anda pikirkan menu makanan apa yang kira-kira paling laris dan populer di kota Anda. Anda juga bisa memilih menu masakan yang tak ada di daerah Anda, sehingga restoran Anda akan menjadi satu-satunya dan terlihat paling unik.

2. Persiapan Bahan Baku
Bahan baku bisa didapat dengan melakukan kerja sama dengan supplier sayuran dan sembako atau dapat langsung berbelanja di pasar tradisional ataupun modern. Anda perlu memastikan kualitasnya baik karena akan berpengaruh pada rasa masakan.

3. Survey Pasar
Untuk bisa mengetahui kebutuhan konsumen, survey pasar harus dilakukan. Survey yang dilakukan antara lain harga pasaran, kompetitor terdekat, dan lain-lain. Dengan demikian, Anda akan memiliki gambaran dan perbandingan untuk merencanakan model bisnis Anda.

4. Ciri Khas
Sebuah restoran pun harus memilki sebuah ciri khas agar para konsumen tidak sulit untuk menemukannya dan juga membuat daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Contohnya Anda dapat memakai nama unik, tempat yang unik atau rasa yang unik pada makanan yang Anda sajikan.

5. Lokasi Restoran
Lokasi adalah salah satu hal penentu dalam kesuksesan suatu bisnis restoran. Jadi jika Anda mau menjalankan sebuah bisnis restoran lebih baik Anda pikirkan lokasi yang tepat dan strategis untuk bisnis Anda. Yang pasti pilih saja lokasi yang ramai pengunjung. Dengan berlokasi di tempat yang ramai maka kemungkinan besar restoran Anda juga akan ramai.

6. Pelayanan
Pelayanan juga merupakan salah satu faktor paling penting dalam kesuksesan suatu bisnis restoran, karena percuma bila pengunjung ramai namun pelayanan yang Anda berikan tidak memadai. Hal ini akan bisa menyebabkan restoran Anda sepi dan akhirnya gulung tikar.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-restoran-ikan-bakar/

Cara Membuat Waffle Fries Renyah dan Garing

Waffle adalah makanan yang sudah cukup terkenal di daerah Eropa dan sekitarnya, yang mana sekarang sudah mulai merambah ke Negara kita, yang demikian itu nampak dari maraknya penjualan waffle di pinggir jalan dan cafe. Salah satu jenis waffle yang cukup populer ialah roti waffle dari negara Belgia dengan nama yang bervariasi, seperti waffle pandan, blue waffle, dan lain sebagainya.

Waffle merupakan roti yang berasal dari Belgia bermotif kotak-kotak seperti wafer. Waffle memang bukan merupakan makanan khas Indonesia, namun masakan ini sangat banyak dijumpai di resto yang ada di tanah air.

Dalam proses pembuatan roti waffle terkadang yang sulit untuk anda lakukan ialah menemukan pencetak khusus waffle yang memiliki ciri berbeda dengan alat cetak roti lainnya. Akan tetapi untuk pembentukan adonan waffle sangat gampang dibuat, anda mampu dengan mudah untuk membentuknya.

Roti waffle sangatlah cocok digunakan untuk makan pagi, kebanyakan waffle disajikan bersamaan dengan topping strawberry, coklat dan lainnya sesuai keinginan, roti waffle juga biasa disandingkan bersamaan dengan kopi. Ada juga sebagian orang yang lebih suka menikmati waffle sebagai dessert.

Akan tetapi apakah anda sudah tahu bahwa roti waffle memiliki beraneka macam jenis?

Berikut 6 jenis roti waffle yang paling terkenal di dunia:

1. Macam-macam Kue Waffle
Berikut ini adalah beberapa varian waffle yang sering kita jumpai di sekitar kita. Berikut keterangannya:

a. Waffle Amerika
Ini adalah jenis waffle yang dihidangkan di All Good. Roti waffle Amerika semakin nikmat jika disiram dengan aneka topping di atasnya, seperti: f krim, sirup, atau es krim.

Biasanya American Waffles mempunyai tekstur yang lebih tipis dengan isi yang padat. Walau memiliki isi, roti waffle Amerika tetap mudah diiris seperti roti pancake.

b. Waffle Belgia
Waffle Belgia biasanya memiliki berat yang ringan dilengkapi tekstur yang agak garing. Waffle Belgia memiliki bentuk yang unik yaitu persegi panjang.

Sebenarnya bila melihat dari sejarahnya, Pada dasarnya Waffle Belgia hanya diberi gula saja tanpa campuran topping lainnya. Penambahan topping di waffle Belgia ini dapat dikatakan sudah mengkontaminasi keautentikannya.

Baca juga  Beberapa Analisa Usaha Minuman Kemasan
c. The Liège Waffles
Bahan The Liège waffles dibuat dari bahan roti Brrioche yang mempunyai rasa manis. Hal tersebutlah yang membuat the liege waffles menjadi padat dan manis di lidah.

d. Waffle Hong Kong
Di Hong Kong, kue waffle biasanya dijual oleh pedagang keliling. Masyarakat di sana terbiasa menikmatinya selagi kondisi hangat.

Waffle Hong Kong memiliki tekstur bulat-bulat seperti kue cubit. Penjual waffle di Hong Kong memiliki kebiasaan meletakan mentega, kacang, cokelat, atau gula di bagian atas waffle kemudian barulah dilipat menjadi satu.

e. Scandinavian Waffles
Waffle Scandinavia dicetak tipis kemudian dibentuk seperti hati. Biasanya di atas Scandinavian waffle diberi gula, buah stoberi, selai, dan buah-buahan.

f. Stroopwafels
kue waffle berlatar belakang Belanda ini adalah kue waffle tipis ditambahkan dengan sirup di dalamnya. Komposisi adonannya dibuat dari tepung, mentega, gula merah, ragi, susu, dan telur.

Stroopwafels ialah waffle yang dipotong menjadi dua bagian yang sama saat masih di dalam proses dipanggang. Barulah waffle diolesi dengan gula merah, sirup, mentega, dan kayu manis yang berfungsi sebagai perekat pada kedua bagian waffle.

2. Campuran Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Waffle Fries
Cara membuat waffle fries yang akan kami tuliskan ini merupakan resep yang tidak jauh berbeda dengan teknik belgian waffles yang sudah cukup terkenal, sehingga membuat waffle ini menjadi cukup renyah dan gurih.

Untuk membuat waffle fries yang nikmat dan sehat anda membutuhkan berbagai bahan-bahan berikut ini:

a. 1/4 kg tepung terigu.
b. 1/20 kg margarin yang dicairkan terlebih dulu.
c. 400 ml susu cair.
d. 1/2 sdt garam dapur.
e. Tiga kuning telur ayam.
f. Tiga putih telur ayam.
g. 2 sdm gula pasir putih.
h. 4 sdt baking powder siap pakai.
i. Kemudian vanila powder, sesuai kebutuhan.

3. Cara Membuat Kue Waffle Fries Spesial Lezat  dan Gurih

a. Siapkan dua tempat yang berbeda untuk tempat mencampurkan bahan adonan, letakan tepung, gula halus, garam, bubuk vanila, dan baking powder pada tempat awal, setelah itu aduk sampai tercampur rata.

No comments:

Post a Comment

Berbagai Manfaat Sayur Adas Untuk Kesehatan

Budaya makan sayur telah ada sejak jaman dahulu, justru jauh sebelum ada Ilmu Gizi yang memberitahukan dengan tegas akan manfaat sayur adas ...