Resep Kue Bawang Sebagai Penganan di Hari Raya

Apa Itu Kue Bawang?
Kue bawang merupakan penganan yang berasal dari Bukittinggi, Sumatra Barat. Namun, sekarang bisa dijumpai dengan mudah di mana-mana. Bahkan, di hari-hari biasa pun kue bawang bisa ditemukan di toko-toko kue atau supermarket. Rasanya yang gurih-asin dan tekstur yang renyah membuat kue bawang sangat disukai untuk menemani waktu berkumpul atau bersantai.

Camilan yang gurih renyah ini terbuat dari tepung terigu, tepung sagu, dan tentu saja bumbu-bumbu seperti bawang merah dan bawang putih. Pada kudapan renyah ini, bawang merah dan bawang putih digunakan sebagai bumbu utama. Perpaduan rasa khas dari kedua jenis bawang ini sangat dominan. Itulah sebabnya, kue ini disebut kue bawang.
Banyaknya penjual kue bawang bukan berarti usaha ini kurang menguntungkan. Peluang usaha kue bawang ini masih sangat baik dan layak dicoba. Kue bawang dibuat dari bahan-bahan yang mudah didapat dan murah, sehingga usaha kue bawang tidak membutuhkan modal yang besar. Cara membuatnya juga sangat mudah sehingga bisa dijalankan oleh siapa saja.
Kue bawang juga bisa diproduksi dengan cepat. Waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi kue bawang relatif sebentar karena cara memasaknya cukup hanya dengan cara digoreng saja. Namun, keuntungan yang didapat cukup menjanjikan jika dijalankan dengan baik. Harga kue bawang sangat terjangkau, sekitar Rp5.000,00 untuk satu bungkus berukuran sedang.


Jenis Kopi Terpopuler di Indonesia

Jenis-Jenis Kopi Terpopuler di Indonesia
Pada mulanya, tanaman kopi berasal dari Afrika. Meskipun kemudian menyebar ke seluruh dunia, tanaman kopi paling banyak terdapat di Amerika Latin, Asia-Pasifik, dan Afrika. Pohon kopi memiliki banyak jenis, ada yang bisa tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis, ada juga yang lebih mudah tumbuh di daerah subtropis.

Indonesia sendiri menduduki peringkat keempat penghasil kopi terbesar dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia. Perkebunan kopi tersebar di beberapa wilayah di Indonesia dengan jensi kopi yang memiliki keunikan masing-masing. Dari ratusan jenis kopi khas Indonesia, terdapat beberapa jenis unggul yang menjadi primadona dan menjadi komoditi ekspor unggulan.

jenis kopi

Secara umum, sebetulnya hanya ada 4 jenis kopi, yaitu Kopi Arabika, Kopi Liberika, Kopi Robusta, dan Kopi Excelsa. Lalu, mengapa saat ini kita mengenal banyak jenis kopi? Karena ada beberapa faktor yang memengaruhi keanekaragaman jenis kopi, di antaranya habitat tempat tumbuhnya, cara budidayanya, penanganan pasca-panennya, dan banyak faktor lainnya.

Para pecinta kopi wajib mengetahui 20 jenis kopi terpopuler berikut ini.

1. Kopi Arabika
Kopi Arabika dikenal sebagai kopi tradisional yang memiliki cita rasa terbaik di dunia. Kopi ini memiliki ukuran biji lebih kecil dan tersebar hampir di seluruh dunia hingga mampu menguasai 70%-80% pasar dunia.. Rasa dan aromanya lebih nikmat dan memiliki kandungan kafein yang lebih rendah sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

2. Kopi Robusta
Kopi Robusta memiliki ukuran biji yang besar dan berbentuk oval. Meski kualitasnya tidak sebaik Arabika, Kopi Robusta memiliki keunggulan dapat tumbuh di daerah sejuk maupun panas, sehingga bisa ditemui di negara-negara tropis maupun subtropis. Harganya lebih rendah karena rasanya lebih pahit dan sedikit asam, serta kandungan kafeinnya lebih tinggi.

3. Kopi Luwak
Kopi Luwak sempat booming dan menjadi fenomenal karena dihasilkan melalui proses yang tidak biasa. Biji kopi harus dimakan lebih dahulu oleh luwak, sejenis musang berukuran kecil. Biji kopi yang tidak tercerna sempurna akan dikeluarkan kembali bersama kotoran luwak. Kopi inilah yang diambil dan diproses untuk dijadikan minuman.

Baca juga  Analisa Usaha Kopi Jagung
jenis kopi

Kopi asli Indonesia ini memiliki rasa yang lembut dan eksotis dengan sentuhan rasa fruity dan sedikit rasa rempah-rempah, sebagai hasil dari proses fermentasi biji kopi oleh luwak. Kadar kafeinnya pun rendah sehingga aman bagi siapa saja. Berbagai keunggulan ini membuat Kopi Luwak dinobatkan sebagai salah satu jenis kopi termahal di dunia.

4. Kopi Sumatra
Pulau Sumatra memiliki jenis kopi yang sangat banyak dan sebagian besar berasal dari daerah Mandaling. Keunggulan Kopi Sumatra adalah teksturnya halus, cita rasanya paling berat dan kompleks di antara jenis kopi lainnya, terasa sedikit asam, berbau tajam dengan aroma rempah khususnya tembakau, dan earthy.

5. Kopi Gayo
Gayo merupakan penghasil kopi terbesar di Asia, bahkan sudah diekspor dan sangat populer di Amerika Serikat dan Eropa. Kopi Gayo sudah dikembangkan sejak 1908 dan termasuk kopi kelas premium karena diolah dengan sangat teliti. Kopi ini memiliki rasa lebih pahit tapi gurih, tingkat keasamannya rendah, dan aromanya sangat tajam sehingga sangat disukai.

No comments:

Post a Comment

Berbagai Manfaat Sayur Adas Untuk Kesehatan

Budaya makan sayur telah ada sejak jaman dahulu, justru jauh sebelum ada Ilmu Gizi yang memberitahukan dengan tegas akan manfaat sayur adas ...