Peluang Usaha Pembuatan Etalase Kue Second

Peluang Usaha Pembuatan Etalase Kue Second
Suksesnya pebisnis bisa berawal dari bagaimana ia pintar dalam melihat dan memanfaatkan peluang bisnis yang ada. Dengan semakin bertumbuhnya dunia usaha di negara Indonesia saat ini, produk yang menjadi penunjang usaha sangat dibutuhkan. Salah satunya adalah lemari kaca.

Tempat yang berfungsi untuk memajang barang dagangan ini banyak dibutuhkan usahawan. Jika Anda mampu membuat dan menjadi penyedia etalase kaca ini, maka terdapat pasar yang lumayan menjanjikan yang dapat Anda manfaatkan.

Bisnis lemari kaca sangat potensial, lantaran sekarang ini orang lebih senang dengan model dan bentuk perabot yang elegan dan minimalis. Sekarang ini untuk memenuhi permintaan pasar akan dekorasi ruangan orang sangat suka dengan yang ringan, simple,minimalis, elegan serta modern.

Bahan yang digunakan untuk bahan baku pembuatan etalase kaca relatif mudah didapat. Pengerjaannya juga cukup mudah bila dibandingkan lemari dari kayu. Keuntungan dari etalase kaca ini adalah biaya produksinya rendah dan peminatnya lumayan banyak, karena etalase kaca ini dapat tahan lama dan tidak dimakan oleh rayap.

Baca juga  Walaupun Tak Banyak, Namun Sosis Otak-otak Pun Memiliki Manfaat
Untuk dapat membuat etalase yang berkelas, Anda harus mempunyai keahlian khusus. Untungnya, saat ini banyak usahawan yang memiliki usaha di bidang produksi showcase yang profesional. Para usahawan tersebut tidak segan mengadakan program training untuk Anda yang tertarik. Anda dapat mengikuti penataran singkat di kota Anda untuk dapat memproduksi etalase kaca.

Akan tetapi apabila Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk pelatihan membuat etalase kaca. Anda bisa memesan langsung ke Ramesia. Anda hanya perlu memasarkan showcase tanpa perlu repot-repot membuatnya. Untuk model dan detail harganya silahkan kunjungi halaman produk.

Jika Anda ingin sukses di bisnis ini, tentunya Anda membutuhkan strategi dalam proses produksi hingga proses pengiriman. Selain itu, proses pemasaran adalah rahasia keberhasilan dari penjualan etalase. Dengan teknik pemasaran yang bagus dan didukung oleh strategi marketing yang efektif, suatu bisnis dapat berhasil.

Inilah beberapa teknik agar pemasaran lemari kaca menjadi lebih mudah.

1. Kenali Pelanggan Anda
Mempelajari target pasar Anda akan menunjang Anda dalam menentukan langkah strategi pemasaran yang efektif. Anda bisa mengelompokkan target market menjadi beberapa kelompok, misal kelompok usia 15-25 tahun, jika Anda ingin menjual produk kecantikan. Atau dalam hal ini Anda bisa menarget orang dengan kategori usia 25-40 tahun, jika ingin mempromosikan produk showcase. Jadi, dengan mempelajari siapa target pasar Anda, Anda akan terhindar dari terbuangnya waktu dan biaya yang sia-sia.

2. Lakukanlah Promosi
Lakukan upaya promosi atau memperkenalkan produk bisnis Anda ke konsumen. Upayakan agar promosi yang Anda lakukan tersebut terus-menerus, konsisten, dan dengan strategi yang kreatif agar para konsumen tidak merasa bosan. Seperti mengirim SMS ke para pelanggan jika sedang ada promo produk etalase Anda. Disamping itu, perhatikan bagaimana cara promosi yang dilakukan pesaing Anda.

3. Pilih Lokasi yang Strategis
Faktor penting dalam strategi promosi lainnya ialah tentang penentuan tempat. Upayakan untuk menentukan lokasi yang tepat dan strategis, agar kesempatan bisnis Anda untuk bisa diakses oleh pelanggan lebih luas.

Baca juga  Meraih Keuntungan Berlimpah Lewat Bisnis Keripik Belut
4. Coba Gunakan Sistem Pemasaran Online
Internet marketing bisa jadi salah satu strategi pemasaran yang sangat ampuh. Anda bisa mengetahui selera dan kebutuhan konsumen Anda dengan menempatkan bisnis Anda di situs market place, e-commerce atau jejaring social.

5. Jalin Hubungan dengan Konsumen
Memelihara konsumen lama lebih gampang dibandingkan memperoleh konsumen baru. Karena biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan pelanggan baru sekitar enam kali lipat daripada Menjaga pelanggan lama. Maka, susunlah basis data pelanggan, masukkan data-data penting beserta perkembangan yang telah dicapai, hubungi konsumen secara berkala, dan informasikan kepada pelanggan mengenai diskon produk yang sedang berjalan dan lain sebagainya.

Bagi Anda pengusaha kue atau yang ingin memulai usaha bidang ini tentu membutuhkan showcase untuk menaruh hasil kreasi kue Anda. Showcase ini selain berguna untuk meletakkan display cake Anda, juga dapat menambah nilai jual dari cake Anda. Dengan pemilihan showcase yang tepat, maka cake Anda dapat diibaratkan seorang model yang sedang melakukan peragaan adi busana. Menarik bukan? Kesan showcase yang terlihat mewah, tentu dapat membuat kue Anda juga terlihat lebih berkelas.

Sumber : https://ramesia.com/etalase-kue-second/

Perhitungan Bisnis Es Batu Kristal


Kebutuhan Pribadi dan Industri akan Bisnis Es Batu
Saat ini es batu telah nyaris menjadi keperluan primer. Baik itu berupa kebutuhan bagi pribadi ataupun pasar. Bagi individu, es batu dibutuhkan dengan tujuan membuat minuman atau mendinginkan makanan. Di sisi lain bagi industri atau pasar, es batu digunakan bertujuan membuat produk atau mengawetkan produk. Misalnya seperti es batu menjadi bahan pendingin untuk minuman es sampai dijadikan bahan pengawet untuk ikan yang dikirim dalam box kontainer.

Potensi Bisnis Es Batu
Mungkin tak banyak yang tahu, bahwa ternyata cukup banyak kebutuhan es batu di pasar. Memang, bila hanya melihat bisnis “jual es batu” rumahan yang sering terdapat di rumah-rumah atau pinggir jalan, tak terlihat bahwa bisnis tersebut begitu menghasilkan. Akan tetapi yang harus kita butuh untuk ketahui adalah bisnis es batu tak cuma terdapat di “jual es batu” rumahan atau pinggiran itu, tetapi ada yang lainnya.

Baca juga  Cara Mudah Membuat Sari Buah Jambu Merah di Rumah
Di restoran atau rumah makan misalkan kita ambil contoh. Rumah makan membutuhkan es batu untuk mendinginkan minuman atau makanan. Selain itu restoran juga menggunakan es batu untuk menjaga suhu dingin bahan makanan seperti Ikan. Yang mana tujuan ikan tersebut didinginkan sebelum dimasak adalah supaya ikan tetap segar.

Selain restoran kita bisa mengambil contoh di usaha perikanan. Seperti yang kita tahu bahwa Ikan sebaiknya tetap segar hingga terjual kepada pembeli agar terjaga kualitasnya. Seringkali ini menjadi masalah karena ketika proses pengiriman, kesegaran ikan berkurang atau hilang karena suhu. Sehingga Ikan harus dijaga supaya tetap dingin, segar, dan lembap ketika proses pengiriman. Salah satu cara untuk melakukan penjagaan tersebut adalah dengan mengirimnya dalam wadah tertutup atau box yang memiliki suhu dingin. Dan salah satu untuk mendinginkan suhu di box atau wadah tersebut adalah dengan memberinya es batu.

Oleh karena itu kebutuhan pasar akan es batu tidak bisa dikatakan kecil. Sehingga harus ada yang memenuhi kebutuhan sekaligus peluang bisnis es batu ini.

Ruth Harso, owner Ice Cube Crystal bisa menghasilkan kurang lebih 10 ton es batu kristal setiap harinya. Es tersebut ia beri harga seharga 1400/kg es batu kristal. Dari sales dengan harga tersebut ia dapat mengantongi profit hingga 50%.

Ahmad Zalu Wibowo bertinggal di Cijantung, Jakarta juga menjalani bisnis es batu kristal. Beliau menghasilkan 4 ton es batu kristal setiap hari. Es batu itu ia jual dengan harga 1200 per kilogramnya. Dari penjualan tersebut dia mendapat profit sampai 20%.

Ahmad menyampaikan bahwa pengguna es batu kristal tidak cuma terbatas di restoran dan rumah makan saja. Orderan es batu bisa muncul dari pagelaran event-event, misalnya seperti Java Jazz. Event-event sekelas Java Jazz bisa memerlukan es batu sampai 10 ton setiap hari.
Di 2 contoh kesuskesan bisnis es batu tadi yang kami dapatkan dari peluangusaha.kontan.co.id, bisa kita simpulkan bahwa bisnis es batu memiliki potensi profit yang cukup besar.

Baca juga  Cara yang Baik Memulai Usaha Roti
Kebutuhan dalam Memulai Bisnis Es Batu
Tempat
Modal yang pertama-tama harus kita adakan adalah modal tempat. Memang barang es batu ini tidak terlalu begitu, tetapi jika kita telah bermain di tahap “ton-ton-an” tentu harus memiliki tempat yang luasnya memadai. Bahkan di samping bangunan yang memadai, kita juga memerlukan bangunan yang terjaga suhunya dan bersih. Tentu kalau tempat kotor akan memunculkan risiko kotornya es batu. Dan tentu kalau tempatnya tidak tahan panas bisa membuat es tidak awet.

Di tempat itu kita juga akan melakukan proses penciptaan es batu dengan bantuan mesin dan alat yang kita sudah siapkan. Di samping itu, kita juga membutuhkan tempat itu sebagai tempat penyimpanan sementara sebelum es batu dikirimkan ke konsumen.

Alat Pembuat Es Batu
Untuk membuat es batu dengan skala besar sudah pasti kita membutuhkan alat pembuat es batu atau freezer khusus.

Kita ambil contoh Ahmad di pembahasan sebelumnya. Beliau mengeluarkan 200 juta untuk mendapatkan 3 unit mesin pembuat es beserta pemasangannya. Sedangkan bangunan seluas 200m2 sudah ia punyai sebelumnya. Alat yang ia dapat dari Jepang itu bisa menghasilkan 200 kg es kristal dalam durasi 4 jam.

Sedangkan alat pembuat es batu yang lebih ekonomis dapat diperoleh di ramesia mesin.

Pengiriman
Kita juga harus mempersiapkan semua yang diperlukan untuk pengiriman barang, seperti misalkan packing dan kendaraan. Yang harus dilihat dari packaging tersebut adalah kemampuan untuk memelihara suhu dingin dan kehigienisannya. Sedangkan yang patut dilihat dari kendaraan pengiriman adalah bahwa kendaraan itu patut dapat menampung dan membawa es sampai kuantitas ton.

No comments:

Post a Comment

Berbagai Manfaat Sayur Adas Untuk Kesehatan

Budaya makan sayur telah ada sejak jaman dahulu, justru jauh sebelum ada Ilmu Gizi yang memberitahukan dengan tegas akan manfaat sayur adas ...